Mendagri: Ada Pencuri Ikan, Kita Sikat

By Admin

nusakini.com--Pemerintah bersikap tegas terhadap siapa pun yang mencoba mengganggu kedaulatan negara. Apalagi bila ada yang berani mencuri kekayaan Nusantara. Misalnya, pencuri ikan, langsung disikat. 

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan itu usai ia menghadiri acara peringatan Hari Nusantara di pelabuhan Muarajati di Cirebon, Jawa Barat . Menurut Tjahjo, laut Indonesia beserta kekayaannya adalah milik bangsa. Milik rakyat yang harus sepenuhnya diperuntukkan untuk kesejahteraan masyarakat. Terutama para nelayan. Maka, kalau ada orang luar, mencuri ikan di laut Indonesia, akan ditindak tegas. 

"Kalau pencuri ikan itu harus kita sikat maupun kapal asing yang mencuri ikan sudah. Angkatan laut yang mengusir mereka," kata Tjahjo. 

Tentang beberapa kapal pencuri ikan yang sudah ditenggelamkan, Tjahjo tak begitu hapal berapa persisnya. Tapi, intinya bukan berapa jumlah kapal yang ditenggelamkan, lebih penting dari itu adalah komitmen bahwa indonesia ingin menjaga laut dengan segala isinya. Dan itu bukan semat tugas angkatan laut. Tugas semuanya. 

"Tugas angkatan laut bukan untuk menenggelamkan saja tidak tapi untuk menjaga kedaulatan. Mengusir kalau ada kapal-kapal asing yang masuk ke perairan kita," ujarnya.(p/ab)